Tips Agar Ibadah di Masjidil Haram Lancar dan Aman

Tips Agar Ibadah di Masjidil Haram Lancar dan Aman

February 16, 2019 ARTIKEL 0
keutamaan beribadah di masjidil haram

Teruntuk Jama’ah yang pertama kali umroh, agar ibadah di Masjidil Haram berjalan lancar dan aman perlu dipersiapkan dengan baik. Masjidil Haram di Kota Mekah adalah tempat umat muslim di dunia menunaikan rukun ibadah haji atau umroh. Ka’bah yang terletak di tengah Masjidil Haram menjadi pusat kiblat seluruh umat Islam di dunia.

Area di sekitar Ka’bah selalu dipenuhi oleh aktifitas para jama’ah yang melaksanakan thawaf. Yaitu berkeliling Ka’bah sebanyak 7 kali dengan arah berlawanan dengan jarum jam.

travel umroh terpercaya medan

Apa Keutamaan Beribadah di Masjidil Haram ? Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa pahala sholat di Masjidil Haram dilipat gandakan 100.000 kali. Sehingga wajar jika dari tahun ke tahun, pertambahan jama’ah yang beribadah ke Masjidil Haram semakin meningkat.

Pada saat ibadah haji berlangsung, ada berjuta-juta jama’ah haji yang memadati area Masjidil Haram.  Begitu pula saat bulan Ramadhan tiba, permintaan umroh di bulan Ramadhan sudah seperti layaknya musim haji.

Bagi jama’ah haji dan umroh dari Indonesia, salah satu hal yang dikuatirkan saat beribadah di Masjidil Haram adalah tersesat karena tidak memahami bagaimana cara agar ibadah lancar, aman dan nyaman.

Tips Beribadah di Masjidil Haram

Jarak terdekat dari hotel ke Masjidil Haram setelah kompleks Masjidil Haram mengalami renovasi adalah sekitar 100 meter. Itupun didominasi oleh hotel-hotel terbaik di Kota Mekkah. Jika diambil jarak rata-rata maka biasanya jama’ah umroh perlu menempuh sekitar 300 – 500 meter dari hotel menuju area sholat/thawaf di dalam Masjidil Haram.

Selama beribadah di Masjidil Haram, jika anda baru pertama kali beribadah kesana, sebaiknya anda minta didampingi oleh ustadz pendamping yang disediakan pihak travel haji dan umroh. Diluar ketentuan dan peraturan yang diberikan oleh petugas pendamping, anda perlu mengetahui beberapa tips di bawah ini.

Baca Juga: Kenali 5 Tempat Penting di Masjidil Haram

Perhatikan tips berikut ini agar anda dan rombongan anda tidak mengalami kendala.

  1. Sebaiknya jangan sendiri saat menuju ke Masjidil Haram, terutama untuk wanita. Mengingat area sholat terpisah antara pria dan wanita, maka bentuklah grup yang terdiri dari beberapa orang yang anda kenal untuk keamanan diri anda.
  2. Saat memasuki Masjidil Haram, terdapat puluhan pintu. Ingat baik-baik normor pintu yang tertera di atas gerbang. Lalu buatlah kesepakatan dengan teman anda. Waktu dan dimana lokasi untuk bertemu seandainya terpisah di dalam Masjidil Haram.
  3. Bawa terus ID Card / gelang identitas / paspor sebagai tanda pengenal anda selama beribadah di Kota Mekkah maupun di dalam Masjidil Haram. Ada sanksi berat bagi orang yang terbukti tidak membawa ID Card. Sanksinya berupa pidana kurungan penjara selama beberapa bulan. Catat baik-baik dan simpan nomor kontak pihak travel, nomor kontak ustadz pendamping dan alamat hotel secara lengkap.
  4. Memasuki Masjidil Haram, alas kaki harus dilepas. Anda harus membawa tas khusus untuk menyimpan alas kaki dan dimasukkan ke dalam tas yang anda bawa selama di Masjidil Haram. Cuaca siang yang panas dan jarak yang jauh dari Masjidil Haram menuju tempat penginapan berbahaya bagi kaki anda, perlu cermat agar tidak kehilangan alas kaki.
  5. Toilet di Masjidil Haram terletak di luar dan ditandai dengan nomor tertentu. Tiap nomor menyertakan lambang apakah toilet tersebut untuk pria atau wanita.
  6. Tempat wudhu selain ada di luar area masjid, juga terdapat di dalam area masjid yang terletak di bawah tangga utama dari lantai 1 menuju lantai bawah tempat ka’bah berada. Perhatikan baik-baik lokasinya sehingga anda tidak tersesat saat kembali.
  7. Di luar area masjid tersedia tempat-tempat untuk mengambil air Zamzam. Begitu pula di dalam area masjid, tersedia banyak keran air minum untuk anda manfaatkan sebaik mungkin. Tersedia pula gelas plastik untuk tempat minum anda.

pahala beribadah di masjidil haram

Dengan mengetahui tips-tips beribadah di masjidil haram lancar dan aman, Semoga ibadah selama di Masjidil Haram kami yakin akan berjalan dengan lancar, nyaman dan aman selama menunaikan ibadah haji atau umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *